Magang Pendidik PAUD Kaltim Angkatan 1 di Semarang

magang pendidik PAUD angkatan 1_2013

Kualitas dan mutu pendidik PAUD merupakan syarat mutlak untuk menciptakan pendidikan anak usia dini yang berkualitas dan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Salah satunya anak-anak diusia golden age tersebut siap untuk mengikuti pendidikan dasar ditahap selanjutnya.

Untuk itulah yang menjadi dasar pemikiran UPTD PKB Dinas Pendidikan Kaltim menyelenggarakan kegiatan Magang bagi pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Pusat Unggulan PAUD Taman Belia Candi di Semarang selama 10 hari, dari tanggal 28 Februari s/d 9 Maret 2013.

Menurut Panitia Kegiatan, Yekti Utami mengatakan bahwa kegiatan magang ini bertujuan agar para pendidik PAUD yang ada di Kaltim ini  lebih memiliki wawasan serta kompetensi pendidik PAUD mengenai bagaimana melakukan kegiatan belajar mengajar PAUD di lembaga magang. “Kegiatan magang ini tentunya bertujuan untuk memperluas wawasan serta pengalaman bagi pendidik PAUD kita  dengan cara penyelenggaraan dan pengelolaan lembaga PAUD di pulau jawa yang notabene telah lebih maju serta memiliki inovasi pendidikan yang maju” ujar Yekti Utami.

Sehingga nantinya setelah magang ini dihasilkan pendidik PAUD yang mampu menerapkan teori-teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini di daerahnya masing-masing.

Adapun beberapa materi yang akan ditempa dalam proses magang di Semarang ini antara lain kurikulum PAUD, Penerapan pembelajaran dengan pendekatan sentral, mengembangkan kreatifitas dalam pembuatan APE memanfaatkan potensi local, menyusun perencanaan belajar untuk anak usia dini, serta bagaimana penyelenggaraan program PAUD secara integrative dan holistic

Adapun peserta magang di angkatan pertama ini berjumlah 25 orang yang berasal dari perwakilan pendidik PAUD di 14 Kab/kota yang ada di Kaltim, dan rencananya pemagangan pada tahun 2013 akan diselenggarakan sebanyak 4 kali angkatan, namun untuk angkatan berikutnya selum dipastikan jadwal kegiatanya disebabkan belum ada kepastian dari lembaga tempat magang yang di tuju.

Hasil Peringkat Peserta Pemagangan Pendidik PAUD di Semarang, Download Disini

Be Sociable, Share!

2 Responses to Magang Pendidik PAUD Kaltim Angkatan 1 di Semarang

  1. hardiana says:

    kapan ya…. kami bisa ikut magang juga ne…….

  2. Yekti utami says:

    minta infonya ke SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) daerah masing2 kalau tidak ada SKB ya ke Dinas Pendidikan setempat terutama ke bidang PNFI nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Upaya memberikan layanan pendidikan yang relevan dengan dinamika kebutuhan pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini, non formal dan informal, maka UPTD Pengembangan Kegiatan Belajar, Dinas Pendidikan Kalimantan Timur, menggelar Rapat Kerja (Raker) Perencanaan dan Penyusunan program pendidikan non formal selama tiga hari, 24 – 26 Februari 2014 di hotel Grand Sawit Samarinda. Hadir dalam raker kali ini, UPTD PKB mengundang seluruh Dinas Pendidikan Kab/Kota yang ada di Kaltim, 20 orang Kepala Sanggar Kegiatan Belajar, Pamong Belajar, dan Organisasi Mitra PAUDNI yang ada di Kaltim. Sementara itu untuk pemaparan materi disampaikan oleh Direktur P2TK PAUDNI Kemendikbud Jakarta, Kepala Bapedda Kaltim, Kepala UPTD-UPTD Dinas Pendidikan Kaltim. Menurut Ketua penyelenggara Raker, Endang Susilowati, raker kali ini bertujuan untuk koordinasi program antar pendidikan PAUDNI antar pemerintah provendi dan dinas-dinas kabupaten/kota. Sehingga akan terbangun presepsi yang sama terhadap program pendidikan non formal yang ada di Kaltim ini. “Kami sangat mengharapkan raker kali ini dapat membuat singkronisasi antar program yang ada di tingkat provensi dengan program yang ada di tingkat kabupaten/kota” ungkang Endang. Sementara itu dalam sambutanya ketika membuka raker. Kepala Dinas Pendidikan Provendi Kaltim, H. Musyahrim  menyampaikan bahwa kesuksesan pendidikan anak usia dini ini sangat terkait dengan kemampuan orang tua serta tutor dalam proses pendidikan anak-anak usia dini, sebab menurut Musyahrim, apabila orang tua dan tutor sendiri tidak paham cara mendidikan mereka maka sulit memperoleh hasil yang pendidikan PAUD yang baik.